Rabu, 11 April 2012

Peran SDM


Abstraksi
Era globalisasi dan perdagangan bebas membuat persaingan bisnis semakin ketat
Konsep learning organization seyogyanya diaplikasi dan dikembangkan untuk mengantisipasi tantangan lingkungan internal dan eksternal.
Strategi dan perencanaan SDM perlu didukung oleh nilai-nilai kreativitas, layanan, continous membuat persaingan bisnis semakin ketat
Latar Belakang
Globalisasi dan perdagangan bebas membuat persaingan semakin ketat. Rekrutmen dan seleksi harus mendasarkan pada faktor kemampuan, kepribadian yang semakin positif ,bermotivasi tinggi, nilai-nilai yang menunjang misi, visi, strategi masa depan.
Dalam menghadapi perdangan bebas pemerintah dan pelaku bisnis harus siap menghadapinya dengan mempersiapkan strategi bisnis dan khususnya SDM yaitu dengan cara pemberian pelatihan-pelatihan praktis karena strategi SDM masa depan harus mendukung inovasi untuk menjawab tuntutan pelanggan antara lain faktor mutu, fungsi, harga, layanan, dan kecepatan layanan.

Rekrutmen dan seleksi harus mendasarkan pada faktor kemampuan, kepribadian yang positif, bermotivasi tinggi, nilai-nilai yang menunjang misi, visi strategi masa depan.
Teori jenis karyawan Global Ekspatriat(Roberth L.Mathis-John H Jackson) adalah seorang karyawan yang bekerja dalam sebuah operasi. Yang bukan merupakan warga yang berasal dari negara dimana operasi tersebut ditempatkan tetapi karyawan tersebut merupakan warga yang berasal dari negara diman-dimana kantor pusat organisasi bertempat
Paragraf 4 hal 3
Teori Globalisasi memiliki implikasi strategis (Garry Dessler)
Globalisasi yang meluas berarti meningkatkan persaingan, dan meningkatnya persaingan berarti lebih kuat dorongan untuk perbaikan, untuk menekan biaya dn membuat karyawan lebih produktif
Paragraf 3 Hal 3
Teori faktor-faktor yang memengaruhi manajemen SDM Global faktor Hukum Politik sifat dan stabilitas sistem politik berbeda antara satu negara dengan negara yang lain.
Faktor Ekonomi berhubungan dengan persoalan politik, hukum dan budaya negara yang berbeda memiliki sistem ekonomi yang berbeda.
Faktor budaya pengaruh kebudayaan menimbulkan persoalan penting lainnya yang memengaruhi manajemen SDM Internasional. Paragraf 6 Halaman 3
Teori strategi SDM (Robert L. Mathis-John. H Jackson)
Strategi SDM adalah tindakan untuk mengantisipasi dan mengelola di penawaran dan permintaan SDM strategi SDM menyediakan pengarahan secara menyeluruh terhadap cara-cara untuk mengembangkan dan mengelola aktivitas SDM (Paragraf 1 Halaman 4)
Teori penyusunan ulang organisasional Roberth L. Mathis
Banyak organisasi yang telah melakukan penyusunan ulang dalam beberapa tahun terakhir agar menjadi kompetitif teori lingkungan dan eksternal pokok dari perencanaan strategis adalah pengetahuan yang didapat dari membaca lingkungan eksternal akan perubahan yang terjadi harus mempertimbangkan faktor pengaruh pemerintah terhadap evaluasi perencanaan SDM kondisi ekonomi, masalah Geografis dan Persaingan, komposisi angkatan kerja.
Paragraf 6 hal 6
Teori (Garry Dessler):Konsekuensi Manajerial yang mendasar peningkatan daya saing strategi populer yang arahnya menunjang kebutuhan perusahaan dan mengurangi kelemahannya. Strategi ini dilakukan dengan berbagai cara yaitu downsizing mendorong produktivitas, merjer mencapai ukuran yang semakin besar sementara biaya-biaya yang berlebihan dikurangi dengan program-program yang mengarah pada usaha peningkatan yang berkelanjutan paragraf 3 halaman 7
Teori menghubungkan perencanaan dan strategi SDM untuk keunggulan kompetitif
(Roberth L. Mathis)
Strategi bisnis memengaruhi rencana SDM untuk mendeskripsikan hubungan antara strategi dan SDM, ada 2 strategi dasar yang dapat dikenali : kepemimpinan biaya dan diferensasi.
Strategi fiferensiasi lebih sesuai dalam sebuah lingkungan yang dinamis
Strategi costfocus mengharuskan organisasi untuk “membangun” karyawannya sendiri untuk meyesuaikan kebutuhan khusus. Paragraf 5 halaman 8.
Teori Aktivitas SDM (Robert L. Mathis)
·         Perencanaan dan analisis SDM
·         Peluang pekerjaan yang sama
·         Pengangkatan pegawai
·         Pengembangan SDM
·         Kompensasi
Paragraf 1 hal 9




Kesimpulan :
Dengan di mulainya perdagangan bebas yang antara lain : di awalinya realisasi persetujuan AFTA , pemerintah, dan pelaku bisnis harus siap menghadapinya dengan mempersiapkan strategi bisnis dan khususnya SDM agar kita mampu bersaing dalam skala dunia. Untuk itu continuous learning harus diterapkan dan berorientasi pada leaning organization dapat menjadikan perusahaan lebih percaya diri dalam menghadapi persaingan.

Komentar :
Setelah saya membaca dan menelaah artikel yang berjudul “ Peran Stratgegi SDM  Dalam Menghadapi Persaingan Global “
Ternyata perdagangan bebas membuat persaingan bisnis semakin ketat. Perusahaan – perusahaan di tuntut mampu bersaing secara professional. Menurut saya untuk mencapai tujuan perusahaan yang tinggi persaingan yang semakin global.
 1. Perusahaan harus menyusun strategi terlebih dahulu dan setelah itu di ikuti bersamaan dengan 
2. penyusunan strategi SDM di sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan karena jika strategi perusahaan sudah matang, namun strategi SDM belum matang tidak akan terlaksana.
3. peran SDM sangat menentukan prestasi atau berkembangnya perusahaan

Solusi :
1.    Untuk meningkatkan tenaga kerja professional dalam sebuah perusahaan. Manajemen SDM harus melaksanakan training bagi karyawan yang baru.
2.    Perlu di adakan workshop bagi karyawan yang berkaitan dengan orientasi bisnis perusahaan
Memberikan punishment dan reward bagi karyawan yang berprestasi untuk meningkatkan persaingan positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar