Globalisasi
dan SDM
Pengertian
dari globalisasi adalah Suatu perubahan dengan waktu yang relatif
cepat.Namun,Implikasi MSDM masih kurang diperhatikan secara proporsional karena
tolok ukur keefektifannya kurang memiliki keterkaitan langsung dengan strategi
bisnis.Untuk Menghadapi perubahan lingkungan yang sangat cepat banyak
perusahaan yang telah melakukan program-program pelatihan dan pengembangan SDM.Alat
ukur keefektifan organisasi dan aktivitas SDM perlu dirancang secara
profesional Capital Intellectual dan
pengukurannya akhir-akhir ini sering dipertimbangkan sebagai alternative yang
menjanjikan.
TEORI Tren
Strategis SDM Gerry Dessler
Globalisasi
mengacu pada kecenderungan perusahaan untuk memperluas penjualan serta
kepemilikan mereka ke pasar baru di luar negeri.Globalisasi memiliki implikasi
strategis dan pelatihan dan pengembangan SDM tanggung jawah MSDM.
Isu yang
mewarnai dunia usaha abad ini adalah Hak Paten,Royalti,ecolabelling,etrika
berbisnis,upah minimum pekerja,tuntutan pelanggan,lingkungan bebas
polusi.Selain itu,flexibility sudah
perlu dipertimbangkan oleh pelaku bisnis untuk menghadapi tantangan perdagangan bebas yang semakin kompetitif
untuk memenangkan persaingan di pasar global,perusahaan harus berupaya antara
lain dengan cara
-Produk Baru
yang Inovatif
-Komitmen
karyawan
-Pengelolaan
perubahan mnelalui kerjasama kelompok
-Pengembangan
Kemapuan-Kemampuan baru
Perusahaan
dituntut berpikir global think globally dan act locally serta mempunyai visi
misi jauh berwawasan ke depan.
Mendapatkan
karyawan yang berkualitas dan profesional di Indonesia tidaklah mudah hal
tersebut disebabkan antara lain karena ketidaksesuaian antara job
requirements dengan kompetisi
calon.akoibatnya tenaga professional asing masih banyak dipekerjakan untuk
menduduki posisi tertentu terutama di perusahaan besar yang berstandar
internasional.
Menurut,data
BPS Tahun 2000 sebesar 67,75%
mengidentifikasikan sedikit kenaikan mutu SDM
Dunia bisnis
akan semakin berorientasi globalapalagi jika implementasi perdagangan bebas
menjadi kenyataan kompetisi akan menjadi semakin ketat dan tuntutan dunia akan
meningkat .
Kompetisi
pada masa depan tidak hanya dapat dilakukan dengan redefinisi strategi namun
perlu juga redefinisi peranan manajemen atas dalam menciptakan strategi sebab
itu peranan para pelaku bisnis dalam mengidentifikasi bisnis masa
depan,menganalisis,merencanakan,serta mengimplementasi strategi yang tepat
sangat esensial dan menentukan misalnya melalui transformasi organisasi.
Beberapa
Tindakan yang harus dilakukan dalam
melakukan transformasi organisasi agar berhasil:
1.Strecth
Goal: bahwa sasaran harus spesifik dan dapat diukur
2.Visi masa
depan
3.Struktur
yang ramping
4.kerjasama
kelompok
5.Berorientasi
pada mutu
6.Manajemen
Prestasi mensyaratkan bahwa setiap individu memberikan produk berkualitas
7.Inovasi
menyeluruh
8.Kemitraan
dan Jaringan Kerja
Strategi
Sumber Daya Manusia
Strategi SDM
berkaitan dengan Visi,Misi,Strategi Perusahaan,SBU,dan Strategi Fungsional.
Penentuan
SDM perlu memperhatikan dan mempertimbangkan Misi,Visi,Serta strategi korporat
serta perlu dirumuskan secara logis,jelas,dan aplikabel.SDM mendukung
pengimplementasian strategi korporat dan perlu diterjemahkan dalam aktivitas
SDM,kebijakan-kebijakan program-program yang sejalan dengan
perusahaan.Ketidaksesuaian antara strategi perusahaan dan strategi SDM perlu
diupayakan karena Strategi mendorong kreativitas dan inovasi karyawan dalam
mencapai sasaran perusahaan.
Strategi SDM
berkaitan dengan antara lain dengan pembentukan suatu budaya perusahaan yang
tepat,perencanaan SDM,mengaudit SDM dari segi Kuantitatif dan kualitatif serta
mencakup pula aktivitas SDM seperti Pengadaan
SDM,Orientasi,Pemeliharaan,Pelatihan dan Pengembangan SDM,Penilaian SDM.Dalam
menentukan strategi SDM Faktor eksternal perlu di pertimbangkan yaitu mengacu
pada Future Trens and Needs,Demand,and Supply.Perubahan Lingkungan juga
cenderung mempengaruhi perubahan strategi perusahaan oleh karena itu perlu
dipertimbangkan lagi
Perusahaan
harus memilih strategi bisnis yang tepat supaya mampu memanfaatkan peluang
bisnis dan mengantisipasi kendala-kendala yang terjadi sebagai dampak dari
perubahan lingkungan yang cepat.untuk dapat meraih keuntungan yang kompetitif
dapat dilakukan dengan cara melalui pengelolaan SDM secara efektif selain itu
harus menjalin kemitraan dengan perusahaan lain untuk meningkatkan
produktivitas dan prestasi perusahaan.
Desain ulang
SDM perlu dilakukan dengan seksama dan bijak agar sasaran perusahaaan dapat
dicapai
ini tugas kampus ya ta?
BalasHapus