Rabu, 04 April 2012


Globalisasi dan SDM
Pengertian dari globalisasi adalah Suatu perubahan dengan waktu yang relatif cepat.Namun,Implikasi MSDM masih kurang diperhatikan secara proporsional karena tolok ukur keefektifannya kurang memiliki keterkaitan langsung dengan strategi bisnis.Untuk Menghadapi perubahan lingkungan yang sangat cepat banyak perusahaan yang telah melakukan program-program pelatihan dan pengembangan SDM.Alat ukur keefektifan organisasi dan aktivitas SDM perlu dirancang secara profesional  Capital Intellectual dan pengukurannya akhir-akhir ini sering dipertimbangkan sebagai alternative yang menjanjikan.
TEORI Tren Strategis SDM Gerry Dessler
Globalisasi mengacu pada kecenderungan perusahaan untuk memperluas penjualan serta kepemilikan mereka ke pasar baru di luar negeri.Globalisasi memiliki implikasi strategis dan pelatihan dan pengembangan SDM tanggung jawah MSDM.
Isu yang mewarnai dunia usaha abad ini adalah Hak Paten,Royalti,ecolabelling,etrika berbisnis,upah minimum pekerja,tuntutan pelanggan,lingkungan bebas polusi.Selain itu,flexibility  sudah perlu dipertimbangkan oleh pelaku bisnis untuk menghadapi tantangan  perdagangan bebas yang semakin kompetitif untuk memenangkan persaingan di pasar global,perusahaan harus berupaya antara lain dengan cara
-Produk Baru yang Inovatif
-Komitmen karyawan
-Pengelolaan perubahan mnelalui kerjasama kelompok 
-Pengembangan Kemapuan-Kemampuan baru     
Perusahaan dituntut berpikir global think globally dan act locally serta mempunyai visi misi jauh berwawasan ke depan.     
Mendapatkan karyawan yang berkualitas dan profesional di Indonesia tidaklah mudah hal tersebut disebabkan antara lain karena ketidaksesuaian antara job requirements  dengan kompetisi calon.akoibatnya tenaga professional asing masih banyak dipekerjakan untuk menduduki posisi tertentu terutama di perusahaan besar yang berstandar internasional.
Menurut,data BPS Tahun 2000 sebesar  67,75% mengidentifikasikan sedikit kenaikan mutu SDM
Dunia bisnis akan semakin berorientasi globalapalagi jika implementasi perdagangan bebas menjadi kenyataan kompetisi akan menjadi semakin ketat dan tuntutan dunia akan meningkat .
Kompetisi pada masa depan tidak hanya dapat dilakukan dengan redefinisi strategi namun perlu juga redefinisi peranan manajemen atas dalam menciptakan strategi sebab itu peranan para pelaku bisnis dalam mengidentifikasi bisnis masa depan,menganalisis,merencanakan,serta mengimplementasi strategi yang tepat sangat esensial dan menentukan misalnya melalui transformasi organisasi.
Beberapa Tindakan  yang harus dilakukan dalam melakukan transformasi organisasi agar berhasil:
1.Strecth Goal: bahwa sasaran harus spesifik dan dapat diukur
2.Visi masa depan
3.Struktur yang ramping
4.kerjasama kelompok
5.Berorientasi pada mutu
6.Manajemen Prestasi mensyaratkan bahwa setiap individu memberikan produk berkualitas
7.Inovasi menyeluruh
8.Kemitraan dan Jaringan Kerja
Strategi Sumber Daya Manusia
Strategi SDM berkaitan dengan Visi,Misi,Strategi Perusahaan,SBU,dan Strategi Fungsional.
Penentuan SDM perlu memperhatikan dan mempertimbangkan Misi,Visi,Serta strategi korporat serta perlu dirumuskan secara logis,jelas,dan aplikabel.SDM mendukung pengimplementasian strategi korporat dan perlu diterjemahkan dalam aktivitas SDM,kebijakan-kebijakan program-program yang sejalan dengan perusahaan.Ketidaksesuaian antara strategi perusahaan dan strategi SDM perlu diupayakan karena Strategi mendorong kreativitas dan inovasi karyawan dalam mencapai sasaran perusahaan.
Strategi SDM berkaitan dengan antara lain dengan pembentukan suatu budaya perusahaan yang tepat,perencanaan SDM,mengaudit SDM dari segi Kuantitatif dan kualitatif serta mencakup pula aktivitas SDM seperti Pengadaan SDM,Orientasi,Pemeliharaan,Pelatihan dan Pengembangan SDM,Penilaian SDM.Dalam menentukan strategi SDM Faktor eksternal perlu di pertimbangkan yaitu mengacu pada Future Trens and Needs,Demand,and Supply.Perubahan Lingkungan juga cenderung mempengaruhi perubahan strategi perusahaan oleh karena itu perlu dipertimbangkan lagi
Perusahaan harus memilih strategi bisnis yang tepat supaya mampu memanfaatkan peluang bisnis dan mengantisipasi kendala-kendala yang terjadi sebagai dampak dari perubahan lingkungan yang cepat.untuk dapat meraih keuntungan yang kompetitif dapat dilakukan dengan cara melalui pengelolaan SDM secara efektif selain itu harus menjalin kemitraan dengan perusahaan lain untuk meningkatkan produktivitas dan prestasi perusahaan.
Desain ulang SDM perlu dilakukan dengan seksama dan bijak agar sasaran perusahaaan dapat dicapai

1 komentar: